+6221 2255 2295 info@rudylim.com

Hal tersulit yang bisa kita lakukan adalah ikhlas, terutama ketika berhadapan dengan kondisi yang tidak menyenangkan. Memang tidak mudah, perlu pemikiran yang jauh ke depan dari seseorang untuk mengambil sikap ikhlas. Sebuah pepatah dari Tony Gaskins yang terkenal dimana ia berkata, “If you can’t do anything about it then let it go. Don’t be a prisoner to the things you can’t change.”. Jika kita tidak bisa berbuat apapun terhadap sesuatu, ikhlaskan. Jangan menjadi tawanan terhadap sesuatu yang tidak bisa kita ubah. Karena sikap yang kita ambil tentu bisa mempengaruhi mood keseharian kita, bisa berdampak positif dan juga negatif tergantung keputusan kita.

Di era sekarang ini, mungkin Ali Baba, Ali Express, tidak asing lagi di telinga kita. Perusahaan yang berbasis di Cina ini menjadikan founder-nya sebagai orang terkaya di Cina dan menjadi satu-satunya perusahaan e-commerce yang nembus transaksi senilai 14,3 miliar dolar Amerika dalam waktu hanya 24 jam. Memanfaatkan hari “Jomblo” alias Single’s Day, 11.11 (11 November 2016), perusahaan raksasa di bawah naungan Jack Ma membuat promo yang tak biasa di mana seluruh barang diskon hingga 75%. Sebagai pebisnis tentu apa yang kita pikirkan tak lepas dari keuntungan. Tapi, seorang visioner mampu melihat peluang di momentum yang sangat langka. Disinilah Jack Ma mengalah, dengan memberikan diskon besar untuk semua barang yang ada di web tersebut, dan perusahaannya pun ‘menang’ dengan membukukan omset terbesar sepanjang sejarah hanya dalam waktu 24 jam.

Sebelum menjadi pria terkaya di Cina, perjalanan hidup Jack Ma penuh dengan penolakan. Di bangku sekolah, ia gagal berkali-kali pada ujian akhir. Impian besar membuat Jack Ma tetap percaya diri, ia bahkan coba melamar ke Universitas Harvard sebanyak 10 kali, tapi tak ada satupun yang berhasil. Ketika tes untuk masuk universitas lain, ia ditolak tiga kali sebelum akhirnya diterima di Universitas Hangzhou. Tak tanggung-tanggung setelah lulus, ia juga ditolak oleh 30 perusahaan dimana ia coba untuk melamar pekerjaan, salah satunya adalah franchise terbesar dunia, KFC. Kehidupan seorang Jack Ma di saat muda penuh dengan penolakan, tapi ia ikhlas walau tetap berusaha dalam kondisi yang tidak pasti seperti apa hasil akhirnya.

Shares
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn
  • Tumblr
  • Pinterest

Ikhlas dengan pasrah serupa tapi sama. Kondisi ikhlas dan pasrah selalu diartikan “ya sudahlah, apa boleh buat”. Secara harafiah itu tepat, tapi secara pemahaman, dua kata itu punya makna yang berbeda yang harus bisa kita bedakan. Pasrah adalah kondisi dimana kita menyerah tanpa ada daya apapun. Sedangkan ikhlas adalah sikap dimana kita pasrah pada hasil akhirnya yang penting tetap berdaya dan berusaha.

Jika saat itu Jack Ma yang mengalami puluhan penolakan dalam kehidupannya dan ia memilih pasrah saja, mungkin nama Jack Ma tidak ada artinya saat ini. Tapi penolakan yang ia hadapi justru mengajarkan ia untuk ikhlas dan dari pengalaman menjadi lebih baik, sehingga dari kegagalan-kegagalan itulah dijadikan pondasi pengalaman hidup yang membuat Jack Ma menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan 27,5 miliar dolar Amerika saat ini.

Sederhana tapi rumit untuk diaplikasikan memang, tapi dengan ikhlas banyak sekali energi positif yang kita dapatkan, membuat hari-hari kita menjadi lebih baik dan berwarna pula. Bahkan percaya atau tidak, dalam keikhlasan selalu ada keajaiban tersendiri. Mengalah untuk menang, di saat kita tahu sebenarnya kita layak dan pantas tapi kenyataan berkata lain, di saat itulah kita belajar untuk mengalah dan memperbaiki kualitas diri. Karena setiap orang punya momentumnya tersendiri untuk bersinar dan menjadi pemenang, tinggal sanggupkah kita ikhlas dalam keterpurukan yang kita alami?

Walau sebenarnya kondisi itu sebenarnya adalah tempaan menjadikan kita sebagain orang yang lebih matang dan dewasa dalam bersikap dan berpikir. John C Maxwell berkata “Attitude isn’t everything, but it is one thing that can make a difference in your life”. Sikap bukan segalanya, tapi satu hal itulah yang akan membuat perubahan besar dalam kehidupan kita. Dan sikap ikhlas itulah tentunya bisa membuat perubahan besar dalam kehidupan kita.

Pin It on Pinterest

Did You Like It?

Then Share this post with your friends!