+6221 2255 2295 info@rudylim.com

Bayangkan Anda bisa memunculkan sebuah ide yang membuat orang menjadi lebih sehat dan bisa membantu lingkungan menjadi lebih baik. Bayangkan Anda berhenti dari pekerjaan impian Anda, dan mendirikan sebuah start-up dan menjadikan ide tersebut sebagai perusahaan yang bernilai triliun. Start-up yang baru berdiri di akhir tahun 2015,dan saat ini masih seusia jagung ternyata cukup menyita perhatian dunia. Mobike, salah satu aplikasi yang berasal dari negeri tirai bambu, China, membuat inovasi yang luar biasa dengan menjadikan sepeda sebagai sarana-berbagi (transport-sharing).

Mengingat China adalah negeri yang sangat padat untuk tingkat kemacetannya, membuat banyak orang memilih untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi keseharian mereka. Hal ini juga yang menjadi salah satu inspirasi David Wang untuk mendirikan Mobike. David Wang sendiri adalah founder dari Mobike, dimana sebelumnya ia pernah menjadi general manager Uber di Shanghai. Berbekal pengalaman di Uber membuat ia berpikir “Kenapa saya tidak membuat Uber untuk sepeda saja?”.

Aplikasi tersebut beroperasi pertama kali di Shanghai, April 2016. Setiap sepeda dilengkapi GPS di bagian pedalnya, menggunakan ­smartlock dan timer, sehingga kita bisa menemukan sepeda di mana saja dan membuka kuncinya dengan “Mobike App”. Tarif untuk per jam nya dikenai US $0.15. Setelah menggunakannya, kita bisa menaruhnya di mana saja. Kunci utama dari ide ini adalah menggunakan teknologi yang bagus tapi dengan biaya yang serendah mungkin.

Di bulan Agustus 2016, Mobike sudah mendapatkan dana US $10juta dari Panda Capital. Dan terakhir Mobike berhasil mendapatkan dana yang cukup fantasis senilai total US $215juta, dimana berasal dari berbagai kalangan investor seperti Warburg Pincus, travel firm Ctrip, Huazhu Hotels Group, Sequoia China dan Hillhouse Capital, Tencent. Hal ini tentu tidak membuat Mobike berdiam diri dan langsung menancap gas bekerja keras.

Baru-baru ini Mobike menggandeng Foxconn untuk mengoperasikan 10 juta unit sepeda di tahun 2017. Seperti yang kita ketahui Foxconn adalah salah satu manufaktur raksasa yang cukup banyak berkontribusi terhadap perusahaan-perusahaan elektronik, seperti Apple dan lainnya. Yang tentunya membuat Mobike bisa melebarkan sayapnya dengan lebih cepat di skala internasional.

Saat ini mobike sudah beroperasi di 9 kota yang ada di Cina, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Chengdu, Ningbo, Xiamen, Foshan, dan Wuhan. Dengan lebih dari 100ribu sepeda yang tersebar di 9 kota, menjadikan mobike salah satu perusahaan start-up yang patut diacungi jempol.

Kurang dari 2 tahun sejak perusahaannya didirikan, David mempunyai 1,5 juta pengguna saat ini, dimana rata-rata 500.000 perjalanan setiap harinya. Dari situ bisa kita simpulkan, ada 1,5juta pengguna yang mulai menjalani pola hidup sehat dan turut berkontribusi terhadap kualitas udara di China setiap harinya. Dan ia berharap Mobike bisa beroperasi di 100 kota di Cina dan menjadi tren dunia di akhir tahun ini.

Dengan menggunakan penemuan 200 tahun lalu, David menyulapnya menjadi sesuatu yang modern dan menjadikan sepeda sebagai terobosan teknologi yang baru dengan nilai yang sangat fantastis. Saat ini Shanghai menjadi kota sepeda-berbagi (bike-sharing) pertama di dunia, dan Cina saat ini sedang memproduksi lebih banyak sepeda dibandingkan dengan jumlah keseluruhan produksi sepeda yang ada di dunia. Terkadang ide terbaik adalah yang paling sederhana. Kenyataannya, sepeda adalah sesuatu yang tidak asing dan bahkan mulai sudah ditinggal oleh kebanyakan orang. Tapi, David Wang melihat itu sebagai peluang dan mengambil tindakan dengan menjadikannya sesuatu yang unik dan sesuai kebutuhan teknologi saat ini.

So, what are you waiting for? Time to get on your bike!

source :
www.techinasia.com

Comment & Share Yuuk!

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!