The Great Shifting, sebuah buku terbaru dari Prof. Rhenald Kasali diperkenalkan kepada relasi dan kerabat pada acara The Great Shifting Talk Show. Diadakan pada hari Rabu, 11 Juli 2018 di Galea Belangi Rumah Perubahan, Acara talk show tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 undangan.

Sebelum masuk ke dalam gedung Galea Belangi, para undangan dipersilakan untuk menyantap hidangan yang terletak di taman. Mereka juga diperkenankan untuk ikut field trip berkeliling area Rumah Perubahan. Bersama dengan tim Rumah Perubahan, mereka bisa mengenal lebih dekat apa saja yang ada di atas tanah dengan total luas 7 hektar tersebut. Mulai dari tanaman-tanaman langka hingga area rusa tutul, para undangan bahkan menyempatkan untuk turun dari shuttle busdan berjalan kaki sedikit untuk dapat menyentuh rusa-rusa.

Kembali ke area taman Galea Belangi, tersedia pula photobooth yang bisa dimanfaatkan oleh para undangan untuk mengabadikan momen. Sembari menyantap makanan ringan, mereka juga memanfaatkan waktu tersebut untuk berjejaring.

Shares

Bersama teman-teman ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia)

Ke mana muara dari inovasi disruftif yang berpotensi menghancurkan itu? Pertanyaan itulah yang akhir-akhir ini terus menghantuai para pelaku ekonomi dan bisnis. Kita paham, gelombang diskontinuistas belum berakhir, tetapi justru dalam atmosfer yang demikian, satu per satu wirausahan baru tampil mendominasi dengan platform baru.

Ya, kita adalah saksi peralihan raksasa yang saat ini sedang terjadi: dari perusahaan menjadi platform, dari peradaban industri ke peradaban digital. Tentu saja, peralihan ini bukan hanya soal bisnis dan ekonomi, tetapi juga seluruh cara hidup.

Prof. Rhenald Kasali tengah menceritakan seluk-beluk The Great Shifting
Shares

Prof. Rhenald Kasali tengah menceritakan seluk-beluk The Great Shifting

Tepat pukul 15;30WIB, pintu Galea Belangi dibuka. Undangan dipersilakan masuk dan mendapatkan satu eksemplar buku The Great Shifting. Mereka bergegas memadati ruangan, mengisi barisan paling depan. Tidak lama, acara pun dibuka. Penjelasan tentang program dan kegiatan yang terdapat di Rumah Perubahan dijelaskan dengan menarik oleh master of ceremony. 

Dilanjutkan oleh kehadiran Prof. Rhenald Kasali yang menyampaikan isi dan tujuan dari ditulisnya The Great Shifting. Beliau menceritakan, bahwa disruption bisa jadi pertanda dan awal mula sebelum kita menyaksikan bagaimana perpindahan terjadi. Dalam hal ini, bisa melingkupi aspek-aspek yang dekat dengan kehidupan seperti platform, bisnis, hingga sosial ekonomi manusia. Di samping itu, Prof. Rhenald Kasali juga menceritakan bagaimana kisah dari penulisan buku ini. Dibantu oleh para RKMENTEE (Rhenald Kasali Mentee) juga tim Rumah Perubahan yang muda dan gesit, ide awal untuk membuat buku saku malah berkembang menjadi buku setebal 523 halaman.

Sesi talk show tidak dimoderatori oleh Prof. Rhenald Kasali. Melainkan dari pihak-pihak yang menjadi aktor “peralihan” atau “shifting”. Mereka adalah Tumiyana, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) serta Achmad Zaky, CEO Bukalapak. Dipimpin oleh M. Zulkifli, Deputy General Manager Medco E&P Indonesia, sebagai moderator, talk show berjalan dengan seru selama 60 menit.

Selama talk show berlangsung, baik Tumiyana maupun Zaky saling bercerita bagaimana mereka beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Bahkan Bukalapak sebagai salah satu e-commerce platform di Indonesia merupakan salah satu aktor terjadinya shifting. Berbeda dengan Tumiyana yang sebelumnya merupakan Direktur Utama PT PP (Persero), beliau menceritakan tentang salah satu teknologi 3D Printing yang bisa digunakan untuk membangun rumah hingga high rise building.

Prof. Rhenald Kasali berinteraksi dengan para undangan selepas acara talk show
Shares

Prof. Rhenald Kasali berinteraksi dengan para undangan selepas acara talk show

Talk show ditutup pada pukul 17:45 WIB dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah di taman Galea Belangi. Undangan bisa kembali menikmati hidangan malam bersama dengan Prof. Rhenald Kasali.

Buku ini akan menunjukkan tiga (3) gagasan fundamental dalam gelombang peralihan besar: PLATFORM, PERUBAHAN PERILAKU KEHIDUPAN, dan PENGARUHNYA PADA BISNIS DAN EKONOMI. The Great Shifting hanya dapat dipahami oleh mereka yang berpandangan terbuka dan terbiasa beradaptasi dengan perunahan, dan tentu akan ditentang oleh mereka yang terbelenggu dalam kebesaran masa lalu.

Keep yourself relevant. Keberhasilan tak pernah bersifat final dan kehidupan tak berhenti sampai disana. Kata Prof. Rhenald Kasali : “Ketika Platform Berubah, Kehidupan dan Bisnis pun berpindah.”

Video selengkapnya suasana Talkshow dan launching Buku “The Great Shifting” :

 

Semoga bermanfaat teman2, Welcome to The Great SHIFTING

LIVE LARGE. DO MORE. with Rudy Lim

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: